Halaman

Minggu, 15 Maret 2015

Saatnya Nabung Untuk Masa Depan



Apakah saat ini Anda sudah bekerja dan masih berusia dibawah 25 tahun? Jika ya, maka ini adalah momen yang tepat bagi Anda untuk mulai menabung, atau mempersiapkan masa depan finansial Anda. Di usia ini, kemungkinan besarnya Anda masih belum berkeluarga, atau kalaupun sudah, anak Anda masih berusia di bawah 5 tahun, sehingga keperluan untuk biaya sekolahnya masih belum terlalu membebani Anda.
Karena itu, saat ini Anda harus mulai memikirkan tentang perencanaan finansial Anda karena kemungkinan besarnya Anda masih bisa mengalokasikan penghasilan Anda untuk menabung lebih banyak dibandingkan jika Anda sudah berkeluarga atau mempunyai tanggungan. Berikut kami berikan langkah-langkah menabung yang kami olah dari berbagai sumber yang kami harapkan bisa membantu Anda menyisihkan lebih banyak untuk menabung:

  1. Ketahui berapa banyak kebutuhan Anda setiap bulan
Sebelum Anda mulai menabung, Anda harus mengetahui dengan pasti berapa banyak pengeluaran yang Anda butuhkan setiap bulannya. Untuk mengetahui hal ini, Anda perlu mengetahui dengan pasti berapa yang Anda belanjakan, dengan cara menuliskan dengan rinci apa-apa saja pengeluaran Anda, termasuk mentraktir teman atau pacar, membayar parkir, dan membeli minuman ringan. Setelah itu, Anda bisa mengevaluasi dan melihat pengeluaran apa saja yang termasuk kebutuhan (you cannot live without) dan apa saja yang termasuk kesenangan atau keinginan Anda saja. Dengan mengetahui dengan pasti berapa banyak yang Anda butuhkan setiap bulan, Anda bisa dengan bijak dan pasti menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk ditabung.
  1. Sisihkan 50% – 80% dari sisa budget Anda untuk ditabung
Kurangi penghasilan Anda dengan jumlah total kebutuhan Anda setiap bulan. Misalnya penghasilan Anda setiap bulannya adalah tiga juta rupiah, dan total kebutuhan Anda adalah dua juta rupiah. Maka sisa budget Anda yang dapat Anda tabung adalah satu juta rupiah. Walaupun Anda pasti merasa tergoda untuk menabungkan seluruhnya, cukup alokasikan 50% – 80% untuk ditabung. Mengapa? Karena terkadang ada kebutuhan-kebutuhan yang muncul secara mendadak, misalnya ban motor yang kempes atau beras Anda sudah rusak sehingga harus membeli baru. Dengan demikian jika terjadi kejadian tak terduga, Anda tidak perlu mengambil dari tabungan Anda.
  1. Kurangi pengeluaran yang  tidak penting
Setelah Anda mengevaluasi pengeluaran Anda setiap bulan, tanyakan pada diri Anda, “Apa pengeluaran kurang penting yang bisa saya kurangi?”. Misalnya, Anda tidak perlu harus selalu ke Mall atau nonton tiap akhir pecan, bisa 2x dalam sepekan atau bahkan dalam sebulan cukup sekali. Anda juga tidak perlu makan di luar 5x seminggu, tapi cukup 1x seminggu. Atau Anda tidak perlu naik ojek setiap hari, tapi bisa menggantinya dengan berjalan kaki.
  1. Perlu Auto-debit tabungan Anda untuk membantu Anda berdisiplin
Untuk membantu Anda rutin dan disiplin menabung, Anda harus memksa diri Anda untuk dapat membuat rekening tabungan khusus, dan mengatur tabungan Anda agar didebet secara otomatis setiap bulannya. Atur tanggal auto debet sehari setelah gaji diterima. Dengan demikian, mau tidak mau, Anda harus menabung, dan pengeluaran Anda menyesuaikan dengan sisa uang yang Anda miliki.
  1. Jangan ragu untuk menambah ‘aset’
Aset yang dimaksud di sini adalah tabungan dalam bentuk benda yang mempunyai nilai tambah di waktu yang akan datang. Misalnya, logam mulia atau tanah. Salah satu alternatif untuk menabung adalah dengan membeli logal mulia sedikit demi sedikit, atau mencari peluang membeli tanah di daerah lain yang harganya belum terlalu melambung. Missal Anda saat ini hidup di Jakarta, kalau anda membeli sepetak tanah di kota kecil misalnya di Demak yang harganya saat ini dikisaran 500.000 per meter. Tanah tersebut kemudian disewakan kepada orang lain untuk usaha  tentu saat ini sudah menghasilkan. Menarik bukan?
Terdengar ‘menyiksa’?? Kalau sudah mulai Anda jalani, pasti terasa lebih ringan kok! Ingatlah pepatah, Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian – Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Ketekunan Anda menabung sekarang pasti akan terasa manfaatnya 10 atau 20 tahun dari sekarang. Selamat menabung!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar